Belajar Straight Pool Untuk Pemula


             Straight pool, juga disebut 14.1 kontinu atau hanya 14.1, adalah jenis permainan biliar. Itu adalah olahraga umum kompetisi kejuaraan sampai dikalahkan oleh permainan yang lebih cepat dimainkan seperti sembilan bola (dan pada tingkat lebih rendah delapan bola).

            Dalam straight pool, penembak dapat mencoba menembak bola benda apa pun di atas meja. Tujuannya adalah untuk mencapai sejumlah poin yang ditentukan oleh kesepakatan sebelum pertandingan. 

            Satu poin dicetak untuk setiap bola objek yang dikantongi di mana tidak terjadi pelanggaran. Gim biasa mungkin membutuhkan pemain untuk mencetak 100 poin untuk menang. 

            Dalam kompetisi profesional, straight pool biasanya dimainkan hingga 125 poin. Straight pool adalah permainan call-pocket, artinya pemain harus menunjukkan bola dan kantong benda yang dituju pada setiap tembakan.

            Permainan ini adalah permainan biliar yang populer di Amerika Serikat, dan diabadikan dalam film 1961 The Hustler. Permainan ini tetap terkenal di Amerika Serikat, Eropa, Argentina dan Jepang, tetapi lebih tidak jelas di tempat lain. 

           Kejuaraan World Straight Pool pertama yang disetujui WPA diadakan pada tahun 2006 (pemenangnya adalah Thorsten Hohmann dari Jerman, pemain yang juga memenangkan gelar sembilan bola dunia tiga tahun sebelumnya). Mungkin sebagai konsekuensi dari perhatian kompetitif profesional yang diperbarui ini, minat publik dalam permainan telah mengalami kebangkitan, sebagaimana tercermin dalam jumlah liputan yang sekarang diterima oleh 14.1 di pers biliar.

           Di rak awal di kolam lurus, lima belas objek bola diputar di rak segitiga, dengan pusat bola apeks ditempatkan di atas titik kaki. 

           Secara tradisional, 1 bola ditempatkan di sudut kanan rak, dan 5 bola ditempatkan di sudut kiri rak, meskipun ini bukan aturan resmi. Bola lainnya ditempatkan secara acak dan harus menyentuh tetangga mereka.

          Tidak seperti dalam kebanyakan permainan biliar, di mana mengantongi bola dan menyebarkan bola adalah tujuan pada istirahat, objek dalam pukulan istirahat standar lurus pool lurus adalah untuk meninggalkan lawan dengan aman. Ini karena aturan kantong panggilan memasukkan tembakan istirahat. 

           [Catatan 1] Pada istirahat, bola harus dimasukkan ke dalam saku yang ditentukan atau bola petunjuk dan setidaknya dua bola tambahan harus menyentuh pagar. Kegagalan untuk mencapai salah satu dari dua opsi ini menghasilkan pelanggaran. Melakukan pelanggaran pada istirahat awal menghasilkan penalti khusus dengan kehilangan 2 poin. 

            Selain itu, lawan memiliki pilihan untuk menerima meja di posisi, atau sebagai alternatif memiliki rak kembali dan membutuhkan pemain yang menyinggung untuk mengulang istirahat pembukaan.

            Semua pelanggaran lain selama pertandingan menghasilkan pengurangan satu poin, termasuk pelanggaran pada rak intragame. Namun, pelanggaran ketiga berturut-turut setiap saat dalam pertandingan langsung menghasilkan hilangnya 15 poin (untuk tujuan peraturan ini, pelanggaran pada istirahat awal, meskipun kehilangan dua poin, tidak dihitung sebagai dua pelanggaran). 

           Pengurangan 15 poin merupakan tambahan dari kehilangan satu poin untuk setiap pelanggaran. Dengan demikian, dua pelanggaran pertama adalah kehilangan satu poin masing-masing, dan pelanggaran ketiga berturut-turut adalah hilangnya 16 poin; 1 poin untuk pelanggaran, dan 15 poin untuk itu menjadi pelanggaran berturut-turut ketiga.

           Seorang pemain dapat menembak dan mengantongi bola benda apa pun di atas meja. Namun, pemain harus memanggil bola benda mana yang akan dia coba tenggelam, dan kantong yang akan dia kirimkan (yang biasanya dilakukan dengan menyebutkan nomor penunjukan bola, dan menunjuk ke kantong yang dituju). 

           Bidikan seperti karom dan kombinasi tidak harus dipanggil. Jika bola benda selain yang dipanggil dikantongi atau jika bola benda masuk ke kantong lain, maka bola kembali ke meja yang karenanya mengakhiri inning pemain. Tetapi jika seorang pemain berhasil mengantongi bola objek pada tembakan yang sama dengan bola yang ia panggil dan buat dengan benar, maka bola yang dikantongi lainnya dianggap sebagai poin bonus

            Karena pool lurus dimainkan ke sejumlah titik tertentu yang biasanya jauh melebihi 15 titik yang tersedia di rak awal, beberapa rak intragame diperlukan. Intragame racking menggunakan seperangkat aturan terpisah dari yang ada di awal permainan.

             Untuk mencapai titik di mana rak intragame menjadi perlu, bola dimainkan sampai hanya bola isyarat dan satu bola benda tetap di permukaan meja. Pada saat itu, jika tidak ada bola isyarat atau bola objek kelima belas di area rak (atau mengganggu racking di area rak), empat belas bola objek yang dikantongi disiksa tanpa bola apeks, dan rak ditempatkan sedemikian sehingga jika bola apeks ada di rak, bagian tengahnya akan terletak tepat di atas titik kaki meja. 

             Mainkan kemudian lanjutkan dengan bola cue menembak dari tempat bola itu berada dan bola objek yang kelima belas, tidak disiksa, dari tempat bola itu diletakkan sebelum diseret.

              Sebutan "14.1 terus menerus" berasal dari praktik pemerasan ini, yaitu, bahwa empat belas bola objek yang disiksa dan satu bola objek yang tersisa di posisinya disajikan kepada para pemain di akhir setiap rak intragame. 

             Penembak kemudian biasanya akan mencoba untuk mengantongi bola kelima belas yang tidak terlacak, dan pada saat yang sama memiliki bola isyarat bola ke dalam empat belas bola disiksa, menyebarkannya sehingga tembakan berikutnya tersedia, dan lari dapat berlanjut.

            Sejumlah aturan telah dikembangkan yang merinci apa yang harus dilakukan ketika satu atau kedua bola isyarat dan bola objek kelima belas berada di area rak pada saat rak intragame diperlukan, atau berada dalam kedekatan dengan area pemerasan intragame, bahwa rak fisik tidak dapat digunakan tanpa memindahkan yang satu atau yang lain. 

           Aturan juga bervariasi tergantung pada apakah bola isyarat atau bola objek kelima belas berada di tempat kepala meja. Aturan tersebut dirinci pada bagan berikut (perhatikan di sini bahwa dapur mengacu pada area di belakang string kepala meja
Share:

► Sponsored

► Sponsored

► SPONSORED

► SPONSORED

► Follow US

► WebMaster

► WebMaster